Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.

Strategi

strategy-quiz-url

STRATEGI

Untuk menggerakkan tema-tema program strategis diatas, YMP merancang 4 (empat) strategi utama, masing-masing :

1. Pendampingan Komunitas
Pendampingan komunitas merupakan strategi yang sangat penting dan efektif untuk melakukan intervensi lebih mendalam kepada masyarakat lokal dalam menumbuhkan potensi kekuatan, kesadaran kritis dan kemandiriannya. Pilihan strategi ini didasari asumsi bahwa upaya-upaya untuk mendorong terjadinya transformasi pada masyarakat lokal tak akan banyak berarti jika tidak bersumber pada potensi kekuatan dan kesadaran masyarakat lokal sendiri. Dalam konteks itu, pendampingan komunitas diarahkan pada aktivitas riset aksi, pengorganisasian, pembelajaran sosial, penguatan jaringan antar kelompok dan organisasi komunitas, serta proses-proses fasilitasi dan konsultasi antara komunitas dengan pemangku kepentingan lainnya

2. Advokasi Kebijakan
Disadari pula bahwa upaya untuk memperkuat hak-hak dan kemandirian masayarakat lokal, baik secara politik, ekonomi, sosial budaya, termasuk pengelolaan kekayaan alam dan lingkungannya hanya efektif jika ditopang oleh adanya jaminan hukum dan politik dari negara, pada tingkal lokal dan nasional. Oleh karena itu advokasi kebijakan juga menjadi salah satu pilihan strategi kerja YMP. Advokasi kebijakan ini didorong melalui gerakan bersama dengan organisasi-organisasi atau kelompok masyarakat sipil lainnya. Riset dan analisis kebijakan, dialog dan public hearing, serta tekanan massa merupakan pendekatan utama advokasi kebijakan ini. YMP mendukung dan terlibat aktif dalam berbagai jaringan advokasi tingkat lokal, nasional maupun internasional.
3. Kampanye Publik
Untuk merubah kebijakan yang adil dan berpihak pada kepentingan masyarakat lokal, tekanan dan dukungan publik menjadi faktor yang amat berpengaruh. Gerakan-gerakan transformatif pada komunitas lokal juga akan lebih bermakna jika mendapat apresiasi dari publik. Dalam konteks ini, kampanye untuk mempegaruhi opini dan kesadaran publik (masyarakat umum) menjadi langkah strategis yang diperlukan. Kampanye diarahkan untuk menyebarkan informasi tentang berbagai persoalan mendasar yang dihadapi masyarakat lokal dan lingkungannya serta mempromosikan wacana-wacana tandingan atas wacana-wacana mainstream yang merugikan kepentingan masyarakat lokal. Proses disseminasi informasi dan wacana tersebut dilakukan melalui seminar, diskusi, pelatihan, serta publikasi. YMP telah menerbitkan bulletin berkala untuk mendukung kampanye ini.
4. Pengembangan Kapasitas
Pengembangan kapasitas merupakan langkah strategis yang tidak kalah penting dari tiga strategi utama diatas. Gerakan transformatif yang hendak didorong diyakini tidak akan efektif dan berkelanjutan jika tidak didukung oleh kapasitas memadai dari komunitas, pengurus YMP serta mitra gerakan lainnya, Untuk itu, YMP menetapkan pengembangan kapasitas sebagai salah satu pilihan strategi, yang dilakukan melalui pelatihan, magang, studi banding, asistensi teknis dan sebagainya. Peningkatan daya kritis, kemampuan berorganisasi, perencanaan program serta keahlian pada sektor-sektor tertentu merupakan sasaran utama strategi ini.