Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.

SEHARUM TANAH WANA

Alhamdulillah, atas berkah limpahan nikmat dan karunia-Nya, sehingga buku pembelajaran advokasi Community Base Forest Manajement (CBFM) sebagai salah satu mandat yang diusung Yayasan Merah Putih Sulawesi Tengah (YMP Sulteng) dalam mendukung terwujudnya tata kelola hutan yang baik untuk menjamin fungsi layanan alam (ekologis) dan memastikan pemenuhan hak masyarakat adat/lokal dalam mengelola hutan.

Buku ini menceritakan beberapa potret sekaligus pengalaman pengelolaan dan pemanfaatan hutan yang ada di beberapa kabupaten dampingan YMP Sulteng. Diantaranya Desa Lampo di Kabupaten Donggala, Desa Kajulangko di Kabupaten Tojo Una Una serta Desa Balean di Kabupaten Banggai. Selain itu, juga mengangkat kisah perjuangan masyarakat adat Wana Posangke di Kabupaten Morowali Utara untuk memperoleh pengakuan hak atas hutan adatnya.

Pengalaman masyarakat dan pendamping dituliskan dalam bentuk bercerita dan juga di buat seringan mungkin, sehingga pembaca dapat mudah menikmati isi buku ini agar dapat diambil manfaatnya terutama pengetahuan tentang pemanfaatan hutan berbasis masyarakat yang merupakan praktik-praktik pengelolaan yang beroientasi pada pemenuhan kebutuhan hidup dan menjamin kelangsungan layanan alam.

Akhir kata, kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Rainforest Foundation Norway yang selama ini mendukung kegiatan – kegiatan YMP dan seluruh pihak yang turut berperan serta dalam membantu perjuangan masyarakat adat /lokal untuk memperoleh hak dan akses terhadap hutan, baik dukungan moral dan materi disemua level baik lokal, nasional maupun internasional. Semoga kisah mereka dapat menginspirasi kita semua.
Salam hangat,

Amran Tambaru
Direktur Eksekutif YMP Sulteng

 

Selamat Membaca

Komentar

Lihat Juga

Bergandengan Tangan Menuntaskan Buta Aksara

Jakarta, 17-09-19, Kurang lebih 10 juta jiwa penduduk masyarakat hukum adat tersebar di wilayah Indonesia, ...

Sering Dilanda Bencana, Pemda Sulteng Soroti Kerusakan DAS

Palu (28/08). Bencana alam yang intens melanda Sulawesi Tengah dalam dua tahun ini rupanya masih ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *