SILO 17 “GENERASI TAU TAA BERJUANG DEMI KESETARAAN”

Pendidikan merupakan sarana penting meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjamin kelangsungan pembangunan suatu bangsa. Peningkatan kualitas SDM, jauh lebih mendesak untuk direalisasikan terutama menghadapi era persaingan global saat ini. Pada masa yang akan datang, peningkatan daya saing suatu bangsa perlu mendapat perhatian serius khususnya dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, guna menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga kompetitif.

Tidak dipungkiri, saat ini telah terjadi penurunan kuantitas dan kualitas pendidikan. Biaya pendidikan yang menjadi semakin mahal, seiring meningkatnya biaya operasional pendidikan. Bantuan Operasional sekolah (BOS) dan bantuan Block grant di sektor pendidikan tidak menjamin akses pendidikan disemua jenjang dapat lebih mudah dinikmati anak-anak dari kelompok menengah ke bawah.

Padahal permasalahan mendasar anak sangat terkait dengan akses pendidikan yang merupakan sektor strategis yang membutuhkan perhatian secara khusus. Di saat pemerintah lebih menggenjot pembangunan fisik diberbagai sektor, seolah masalah pendidikan anak kurang mendapat porsi layak untuk disoroti. Sementara, sejumlah anak kini hidup dibawah ancaman ketertinggalan pendidikan.

Pendidikan alternatif menjadi pilihan, ketika pesimisme hadir ditengah masyarakat. Keberadaan sekolah komunitas merupakan inisiatif lokal masyarakat yang termarjinalkan negara. Kebijakan negara seolah tidak memberi perhatian khusus pada peningkatan akses pendidikan bagi anak-anak kelompok masyarakat adat yang berada di pedalaman.

Tidak salah jika terlontar perkataan, pendidikan hanya menjadi milik segelintir orang, sementara  kelompok menengah ke bawah hanya menjadi warga kelas dua di negeri ini.

Komentar

Lihat Juga

Pola Ruang Untuk Tau Taa Wana

Palu, 26 Desember 2019. Apa yang sebaiknya dilakukan untuk masyarakat pingiran agar tidak tereliminasi dalam ...

KMPB Salumbone Upaya Menyelamatkan Kampung

Donggala, 17/12/19. Sepatutnya desa-desa yang berada digaris atau terpapar ancaman bencana alam tinggi, berusaha untuk ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *