SILO 64 “ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM”

Hasil kesimpulan dari laporan “Climate Change Impacts, Adaptation and Vulnerability” menyatakan bahwa perubahan iklim yang sedang terjadi semakin mengancam produksi pangan Indonesia. Sebab penurunan produksi pangan merupakan dampak dari perubahan iklim terhadap sector pertanian.

Penurunan produkasi tentunya bukan hanya disebabkan oleh kekeringan, ataupun peningkatan serangan hama tapi juga pengalihan komoditas. Misalnya pengalihan tanaman dari padi menjadi tanaman lain yang pada prinsipnya lebih tahan terhadap kondisi minim air maupun suhu yang panas.

Sudah pasti hal ini akan berimbas pada ketersedian pangan di suatu wilayah yang pada akhirnya dapat berdampak negatif terhadap kehidupan sosial dan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), telah memperingati bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global dapat menurunkan hasil pangan dan menimbulkan kelaparan diberbagai belahan bumi ini. Selain itu akibat dari pemanasan global ini bukan hanya menurunkan produksi pangan, tetapi dapat mengakibatkan menurunnya luas lahan pertanian dan meningkatkan berbagai hama dan penyakit tanaman

Silo edisi akhir tahun 2015 mengangkat tema “Strategi Lokal Dalam Adaptasi Perubahan Iklim”. Edisi ini akan berbagi cerita bagaimana Masyarakat Adat Wana Posangke dan para petani Desa Vatunonju beradaptasi dengan menggunakan pengetahuan local terhadap perubahan iklim yang sedang terjadi dan ancaman yang akan mereka dihadapi nanti.

Selamat membaca!

                                                                                                                                                                           Redaksi…

Lihat Juga

HARI POPULASI INTERNASIONAL 20 Ribu Pohon Ditanam di Hutan Desa Lampo

Donggala,MERCUSUAR – Sebanyak 20 Ribu pohon ditanam di Hutan Desa Lampo,Dusun II Salubalimbi, Kecamatan Banawa ...

Kurikulum Iklim untuk Anak

Kurikulum Iklim untuk Anak Oleh: Herdiansyah Suara serangga menggema saling manyahut di sisi perbukitan sepanjang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *