LPHD Lampo Gelar Jurnalisme Warga

(Donggala,10/10/2015), Lembaga Pengelola Hutan Desa Lampo (LPHD) bekerjasama dengan Yayasan Merah Putih menggelar pelatihan jurnalisme warga bagi masyarakat Dusun Salubalimbi Desa Lampo Kabupaten Donggala pada  30 September sampai dengan 1 Oktober 2015.

Kegiatan yang diikuti oleh pengurus LPHD Lampo dan masyarakat dusun setempat ini digelar di  Bantaya  Salubalimbi,  Pelatihan ini sendiri merupakan salah satu bagian program penguatan kelembagaan LPHD.

Menurut Zaiful, Manajer Informasi Yayasan Merah Putih yang menjadi fasilitator pada kegiatan tersebut, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat untuk kegiatan pengumpulan, penulisan serta penyampaian informasi dan berita sesuai dengan kaidah jurnalistik.

lampo jurnalistik
Insert Foto : Suasana Pelatihan Jurnalistik di Desa Lampo

Sementara itu, Ruspan Ketua LPHD Lampo mengharapkan melalui kegiatan ini kedepannya para peserta diharapkan aktif menulis dan menyebarkan informasi seputar hutan desa , juga agar nantinya mereka bisa mempromosikan potensi wisata dan usaha ekonomi warga kepada masyarakat luas.“ Saya berharap nantinya peserta pelatihan ini bisa menulis informasi tentang hutan desa dan potensi wisata lingkungan yang ada di Desa Lampo” ujarnya yakin.

Sejumlah 20 orang peserta sangat antusias menerima materi dalam pelatihan tersebut, selain menerima materi tentang dasar-dasar jurnalistik, diantaranya jenis berita  juga ditekankan terkait pakem jurnalistik 5W + 1H, usai menerima materi para peserta lanjut berlatih menulis berita.
Dalam sesi praktek membuat berita, terlihat peserta sudah mampu menulis berita dengan baik. Diakhir pelatihan peserta merumuskan sejumlah rekomendasi dan rencana tindak lanjut pasca pelatihan. (Edy)

Komentar

Lihat Juga

Kembalikan Hak Masyarakat

Masyarakat Adat Menagih Komitmen Presiden PALU, KOMPAS — Pengakuan negara secara hukum terhadap masyarakat adat ...

Silo 66 “Perubahan Kebijakan Dalam Pengelolaan Hutan”

Pembaca Silo Yang Terhormat, Perubahan kebijakan pengelolaan hutan merupakan impian masyarakat yang hidup didalam maupun ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *