Pengelola Hutan Desa Lampo Laksanakan Pelatihan Pembibitan Tanaman

(Donggala,24/10/2015), Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Lampo  pada Kamis (22/10/2015) melaksanakan Pelatihan Pembibitan Tanaman bagi pengurus dan warga Dusun Salubalimbi Desa Lampo.  Pelatihan ini merupakan salah satu program kerja LPHD dalam rangka pengelolaan hutan desa.

Pembibitan Desa Lampo
Insert Foto : Perempuan Desa Lampo Antusias Dalam Pelatihan Pembibitan

Masyarakat desa Lampo saat ini memang tengah mengusulkan permohonan hutan desa kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), setelah melalui sejumlah tahapan maka pada akhir bulan Agustus silam pihak KLHK melakukan verifikasi lapangan atas usulan tersebut.

Belum lama ini LPHD Lampo mendapatkan bantuan bibit tanaman dari pihak BPDAS Palu Poso dan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah, bantuan bibit tanaman yang diterima berupa bibit tanaman buah seperti mangga, nangka, alpukat dan beberapa jenis kayu serta rotan.

Bantuan bibit tanaman ini sejalan dengan visi hutan desa Lampo yang ingin menjadikan hutan desa Lampo sebagai kawasan wisata alam dan wisata buah-buahan, karena itu warga Dusun Salubalimbi  memprogramkan budidaya tanaman buah dan tanaman hasil hutan bukan kayu di areal hutan desa, kebun dan pekarangan milik mereka.

Untuk mendukung program tersebut LPHD Lampo melaksanakan pelatihan pembibitan tanaman, Menurut Ruspan Ketua LPHD Lampo pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan warga dalam melakukan pembibitan tanaman. Pemateri dalam pelatihan ini dari pihak BPDAS Palu Poso.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan meliputi penyiapan media tanam,   persemaian dan pemeliharaan bibit tanaman. Selain itu peserta juga diberikan penguatan tentang kelembagaan pengelolaan hutan desa. Selama pelatihan berlangsung, tampak peserta  mengikuti dengan seksama dan antusias. (Edy&Iza)

Komentar

Lihat Juga

MASYARAKAT BALEAN TERIMA SK HUTAN DESA

(Jakarta, 26/10/2017),Presiden Jokowi menyerahkan SK Hutan Desa Balean kepada Ketua lembaga pengelola hutan Desa Balean, ...

Kejahatan Lingkungan di Dua Kabupaten Diungkap

Lokakarya YMP Sulteng Demi memperoleh keadilan yang semestinya sebagai warga negara,Yayasan Merah Putih (YMP) Sulawesi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *