Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.

SILO Edisi 62 Tahun 2015

Pembaca Silo Yang Budiman,

Edisi Silo kali ini, mengangkat tema tentang“Peradaban Masyarakat Sungai.” kita telah ketahui bersama, Sejarah kuno peradaban sungai telah membuktikan bagaimana keberadaan sungai berperan dalam terbentuknya peradaban Manusia. Sungai nil misalnya, sebuah sungai terpanjang didunia yang berhasil membentuk peradaban dengan masa keberlangsungan yang lama.

Bahkan kota-kota besar Mesir Kuno hampir sebagian besar terletak di daerah delta Sungai Nil. Sebut saja Kota Kairo, Iskandaria (Alexandria), Abusir, dan Rosetta yang hingga saat ini masih menyisakan bangunan-bangunan megah pada kejayaan Mesir Kuno. Salah satunya adalah Piramid di Ginza yang begitu melegenda.

Terbentuknya peradaban sungai, menjadi sebuah bukti nyata bahwa air menjadi salah satu sendi yang tak bisa dipisahkan dari Kehidupan manusia. selain mencukupi kebutuhan konsumsi domestik dan lainnya, ternyata daerah sekitar aliran sungai juga menyediakan lahan yang subur untuk pertanian. Sehingga keberadaan sungai bukan hanya menjadi sumber air namun menjadi tempat terbentuknya satuan sosial.

Sayangnya, fenomena yang terjadi saat ini menunjukan bagaimana sungai telah berubah fungsi. Sungai tidak lagi dipandang sebagai sumber air yang harus dirawat dan dilestarikan. Namun, sebaliknya sungai dirusak dan dicemari, serta diperlakukan sebagai tempat sampah dan limbah.

Sehingga sungai pun berubah menjadi menjadi wadah bencana banjir diwaktu penghujan. Perilaku manusia modern tak lagi sejalan dengan misi peradaban dan keberadaan sungai. (Redaksi)

Komentar

Lihat Juga

Silo 66 “Perubahan Kebijakan Dalam Pengelolaan Hutan”

Pembaca Silo Yang Terhormat, Perubahan kebijakan pengelolaan hutan merupakan impian masyarakat yang hidup didalam maupun ...

Hak Masyarakat Adat Diakui

Pemerintah Menyerahkan Pengelolaan Hutan Adat JAKARTA, KOMPAS – Di penghujung tahun 2016, pengelolaan hutan di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *